ARTIKEL

4G to 5G ?

27-11-2020 13:59:34 Angga


5G adalah Generasi kelima jaringan pada telepon seluler. Ia merupakan generasi baru menyusul pendahulunya yakni 4G. 5G merupakan jenis jaringan baru yang mana didesain agar dapat menghubungkan semua orang secara virtual.

Baik itu mesin, objek, maupun Device yang digunakan si pengguna.

5G diciptakan dengan tujuan agar dapat mengirim data super cepat, latency yang sangat kecil, dan kapasitas jaringan yang lebih besar dari sebelumnya.

Dapat dipastikan generasi baru ini mampu membawa User Experience atau pengalaman pengguna ke level yang lebih tinggi lagi.


Teknologi apa yang mendasari 5G ?

5G didasari oleh Orthogonal frequency-division mutiplexing (OFDM), ia adalah sebuah metode modulasi sinyal digital di saluran kanal yang berbeda untuk mengurangi gangguan sinyal.

5G menggunakan 5G NRAir Interface bersamaan dengan prinsip OFDM. 5G juga menggunakan teknologi bandwidth yang lebih luas seperti sub-6 GHz dan mmWave.

Seperti 4G LTE, 5G OFDM beroperasi berdasarkan prinsip jaringan seluler yang sama. Namun, Air Interface 5G NR baru dapat lebih meningkatkan OFDM untuk memberikan tingkat fleksibilitas dan skalabilitas yang jauh lebih tinggi.

Ini dapat memberikan lebih banyak akses 5G ke lebih banyak orang dan berbagai hal untuk berbagai kasus penggunaan yang berbeda.

5G akan menghadirkan bandwidth yang lebih luas dengan memperluas penggunaan sumber daya spektrum, dari sub-3 GHz yang digunakan dalam 4G menjadi 100 GHz dan seterusnya.

5G dapat beroperasi di kedua band yang lebih rendah (misalnya Sub-6 GHz) serta mmWave (misal 24 GHz atau lebih tinggi), yang akan menghadirkan kapasitas ekstrem, throughput multi-Gbps, dan latensi rendah.


Seberapa Cepat 5G ?

5G dirancang untuk memberikan kecepatan data, puncaknya sampai 20 Gbps berdasarkan persyaratan IMT-2020.

Dimana Solusi 5G andalan Qualcomm Technologies, Sistem Qualcomm® Snapdragon ™ X55 dan Snapdragon X60 Modem-RF, hanya mampu mencapai kecepatan data puncak 7,5 Gbps saja.

Singkatnya, kini kamu bisa mendownload film dengan kualitas 8k 500% lebih cepat dibanding dengan 4G LTE.

Disamping kecepatan, 5G juga dirancang untuk menyediakan lebih banyak kapasitas jaringan dengan memperluas ke spektrum baru, seperti mmWave.

5G juga dapat memberikan latensi yang jauh lebih rendah untuk respons yang lebih cepat dan dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih seragam secara keseluruhan sehingga kecepatan data tetap tinggi secara konsisten bahkan saat pengguna berpindah-pindah tempat.


Apakah 5G sudah tersedia saat ini ?

5G sudah tersedia diberbagai belahan dunia. Akan tetapi sayangnya di Indonesia sepertinya masih terdapat beberapa kendala.


Techfor